Lakukan karena Suka, Bukan karena Uang

Wah, sudah sangat lama sekali rasanya tidak “menyentuh” blog ini. Apa ada yang bertanya mengapa? Baiklah, sesuai permintaan, izinkan diriku untuk sedikit bercerita mengapa blog ini sudah lama tak terjamah.
*padahal nggak ada yang minta😛

Berbulan-bulan yang lalu, diriku dipusingkan karena masalah sepele yang dibesar-besarkan. Masalah yang sebenarnya sudah pernah dipecahkan, tetapi entah mengapa masalah itu muncul kembali. Apakah masalah itu? Sederhana saja, tiba-tiba aku terpikir akan hal ini:

Sebenarnya buat apa sih aku buat blog ini? Hmm, sepertinya bagus juga kalau blog ini dibisniskan (dibuat untuk menghasilkan keuntungan berupa uang, red). Gimana ya caranya supaya bisa untungnya dapat banyak?😕

Pikiran ini terus-menerus menggangguku, tak pernah lari dari pikiranku, dan tak mau hilang dari ingatanku. Inti masalahnya adalah bagaimana caranya agar saya bisa mendapatkan banyak keuntungan dari blog atau bagaimana cara membuat rencana bisnis online yang bagus. Bagi orang-orang yang kenal denganku, mungkin sudah tahu kalau aku sering bergonta-ganti blog: membuat blog baru, dan kemudian menghapusnya. Itu dilakukan untuk membuat beberapa planning bisnis online, dan sekarang semua blog itu terbengkalai. Inilah salah satu contoh bahwa uang dapat membuat pikiran menjadi kacau dan buntu -_-

Aku belum menemukan jawabannya hingga sekarang, dan aku memutuskan untuk berhenti memikirkan hal itu. Mengapa? Karena aku diingatkan oleh abangku dengan kata-kata ini,

Lakukan suatu hal karena suka, bukan karena uang

Kalau diingat-ingat lagi ketika aku membuat blog ini, tidak pernah terbersit niat sedikit pun untuk meraup keuntungan dari blog ini, apalagi keuntungan dalam bentuk uang. Aku membuat blog ini karena terinspirasi oleh seorang sahabat yang menceritakan hidup gokilnya dalam sebuah halaman di dunia maya miliknya sendiri. Karena itu, aku juga ingin membuat blog sendiri yang berisikan cerita-cerita hidupku🙂

Oleh karena itu, aku membuat deklarasi neuro-blogging di buku catatanku. Isi dari deklarasinya adalah sebagai berikut.

— — — — —

DEKLARASI NEURO-BLOGGING

Planning untuk Blogging

Pegang prinsip

  • “Lakukan karena suka, bukan karena uang”

Tujuan blogging

  • Sharing tulisan, ilmu, dan informasi
  • Mencerdaskan kehidupan bangsa
  • BUKAN CARI UANG TUJUAN UTAMANYA !!!

Mulai sekarang fokus pada satu blog

Pekanbaru, 12 November 2012

Bayu Fajar Pratama

— — — — —

Semoga deklarasi ini bisa mengokohkan pendirianku dalam membuat blog, dan semoga pikiran yang ragu-ragu itu tidak pernah muncul lagi. Amin ya rabbal ‘alamin🙂

Catatan: nama neuro-blogging diambil karena deklarasi ini ditulis ketika aku sedang kuliah di blok neurologi🙂

Leave a Reply

